Syukur Nikmat

Sehat itu mahal…..memang betul kata-kata itu, namun kadang kita tidak peduli kesehatan kita saat kita masih sehat.

Kita baru akan mengucapkan kata itu tatkala kita sudah ditimpa sakit. Betapa kita akan menghitung begitu banyak nikmat Alloh yang telah diberikan kepada kita saat salah satu nikmat itu telah dicabut dari kita. Baik nikmat yang dicabut sementara ataupun nikmat yang dicabut secara tetap.

Bahkan nikmat yang sangat sepelepun akan sangat terasa bila nikmat itu dicabut. Kenikmatan kentut atau mandi misalnya. Bagi kebanyakan orang akan merasa jengkel dan jijik apabila mendengar atau membaui adanya orang kentut. Tapi bila nikmat kentut itu dicabut baru akan merasakan betapa mahalnya harus berobat untuk mengembalikan kentut secara normal lagi. Bahkan sampai ada yang harus rawat inap hanya sekedar agar bisa kentut lagi. Silahkan dihitung berapa duit yang harus dikeluarkan….. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?….

Saya sendiripun pernah mengalami nikmatnya mandi setelah lebih dari 1 bulan itu dicabut. Nikmat mandi setelah satu bulan lebih tidak mandi terasa sangat menyegarkan badan. Begitu segarnya hingga tidak bisa diucapkan dengan kata-kata bahkan hanya bisa menitikkan air mata yang tak sadar mengalir ke pipi. Meskipun kadang sehari hanya mandi sekali untuk sehari dua hari tidak begitu pengaruh tetapi bila tidak mandi lebih dari tiga hari badan sudah mulai tidak segar dan bau badan mulai menyerang. Bahkan sekecil gerakan aja adalah nikmat yang sangat mahal harganya. Di rumah sakit saat sedang rawat inap tubuh harus selalu tiduran bahkan tidak bisa gerak membuat diri sangat tersiksa. Mau bergerak sedikit saja sudah susah dan sakit, padahal kalau nikmat masih kita rasakan kita bebas bergerak dengan berjuta-juta gerakan…..Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?…..

Sudah sepantasnyalah kita mensyukuri nikmat yang diberikan kepada kita. Bila kita hitung nikmat yang diberikan Alloh pada kita maka seluruh air laut kita jadikan tinta untuk menuliskannya maka tidak akan cukup. Begitu banyak nikmat itu yang kadang tidak kita sadari. Maka ucapan Alhamdulillah 33× sehabis shalat wajib masihlah kurang. Namun Alloh Maha Pemurah kita hanya diwajibkan untuk berdzikir untuk mengingat Alloh sebagai ucapan terima kasih kita akan segala nikmat yang diberikanNYA…..Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?…..

Janji Alloh pastilah ditepati, barang siapa yang mensyukuri nikmat maka akan ditambah nikmatNYA. Dan barang siapa yang kufur nikmat maka adzabNYA sangat pedih. Selagi masih sehat marilah kita syukuri nikmat sehat ini agar nikmat sehat kita ditambah. Syukuri sehat kita untuk melakukan semua perintahNYA, melaksanakan kebaikan dan menjauhi semua laranganNYA. Jadikan shalat dan dzikir sebagai rasa syukur atas nikmat yang kita dapatkan. Perbanyak shodakoh untuk membantu orang yang memerlukan sebagai pembersih harta kita….Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?…..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s