Wisata Jogja Pantai Baru

image

Jogja terkenal dengan tempat-tempat wisata yang indah dan menyenangkan. Bagi kebanyakan orang kalau mau berwisata pantai ke Jogja pasti yang pertama teringat adalah Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusuma.
Sebenarnya kalau mau pantai yang lain,  di Jogja terdapat banyak pantai yang bisa dikunjungi. Sepanjang daratan di sebelah selatan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta hampir keseluruhannya adalah pantai.

Di Kabupaten Gunung Kidul memiliki pantai-pantai yang masih alami dan bisa dikunjungi diantaranya ada Pantai Krakal, Kukup, Baron, Sadeng dan yang terbaru Pantai Indragiri. Di Kabupaten Kulon Progo ada Pantai Glagah, Trisik, Congot dan Bugel. Kabupaten Bantul yang terkenal dengan Pantai Parangtritis, Parangkusuma.

Belakangan ini mulai muncul pantai-pantai baru yang dikelola untuk wisata di Kabupaten Bantul. Masih satu kawasan dengan Pantai Parangtritis dan Parangkusuma ada Pantai Depok yang menawarkan pemandangan laut dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Mengarah ke barat lagi kita bisa temukan pantai baru seperti Pantai Samas, Goa Cemara, Kuwaru dan Pantai Baru.

Untuk pantai-pantai yang disebutkan terakhir merupakan pantai yang tergolong masih baru. Meskipun masih baru namun pantai-pantai tersebut menawarkan keunikan tersendiri yang bisa dinikmati saat liburan. Pantai baru tersebut tidaklah sulit untuk di jangkau. Kalau dari Jalan Parangtritis kalau sudah sampai Bakulan atau Kretek tinggal berbelok ke barat sampai ketemu Jalan Samas. Dari Jalan Samas tinggal ke selatan terus sampai nanti ada petunjuk arah ke pantai.

Dari Jalan Bantul lebih mudah lagi, Perempatan Ring Road Dongkelan ke selatan terus sampai ketemu Jalan Samas terus keselatan sampai ada petunjuk arah ke pantai. Antar Pantai Samas, Goa Cemara, Kuwaru dan Pantai Baru telah dihubungkan jalan yang bagus dan lebar sehingga kita bisa menuju ke lokasi dengan mudah.

Saya dan keluarga kebetulan bisa menikmati suasana pagi hari di Pantai Baru. Hari libur nampak digunakan oleh pengunjung untuk berolah raga. Sepanjang jalan terlihat orang yang sedang bersepeda santai, jogging atau bahkan sekedar berjalan-jalan. Sepanjang jalan menuju Pantai Baru kita bisa menikmati hamparan sawah yang menghijau. Hampir mendekati pantai tampak tambak-tambak kolam pemeliharaan udang dan ikan. Di depan pintu masuk kita disambut banyaknya kincir angin yang berdiri kokoh dan berjejer seperti menyambut kita. Kincir angin ini merupakan kincir angin untuk menghasilkan listrik yang mensuplai penduduk sekitar. Pemandangan alami kandang-kandang ternak milik warga menambah segar suasana pagi.

Pagi hari ternyata sudah banyak terparkir kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Masuk area Pantai Baru disuguhi pemandangan hijau pohon cemara. Di sepanjang jalan masuk berderet penjual makanan yang menjajakan dagangannya. Nampak pengunjung yang menikmati makanannya dibawah pohon cemara. Sesampainya di bibir pantai suasana sudah ramai, ada yang duduk bersama keluarga sekedar menikmati suasana pantai, ada yang bermain pasir, ada yang berbincang aambil ngobrol, selfie bahkan ada yang sampai mandi di air laut (disarankan jangan mandi di laut karena ombaknya yang besar dan sudah banyak korban yang terseret air gelombang laut)

Deburan ombak terdengar menggelegar dan udara bertiup sepoi-sepoi menambah segar pagi ini. Kalau kita beruntung bisa mendapati para nelayan yang kembali dari melaut. Dan tentu saja kita bisa ikut lelang untuk membeli ikan segar hasil tangkapan para nelayan. Yang pasti harganya lebih murah bila kita bisa menawar. Ikan ini bisa kita bawa pulang untuk dimasak atau kita ingin menikmati langsung bisa kita minta tolong untuk dimasakkan di warung-warung makan sekitar pantai.

Lelah menikmati suasana pantai kita bisa beteduh dibawah pohon cemara yang lumayan rindang sambil menikmati makanan yang dijual. Selain itu kita bisa menyewa ATV untuk berputar-putar disekitar area hutan cemara. Cukup membayar 30 ribu rupiah kita bisa menaiki ATV selama 15 menit. Disekitar pantai juga tersedia arena main untuk anak-anak seperti odong-odong, memancing, bahkan ada kolam renang air tawarnya. Kalau beruntung kita bisa menikmati musik panggung hiburan. Terdapat juga kios-kios yang menyediakan souvenir untuk kenang-kenangan.

Dan akhirnya silahkan mencoba datang dan menikmati suasana yang segar dan menyenangkan di Pantai Baru.

Selamat berlibur
Bantul Projotamansari
Jogja Istimewa

Advertisements

5 thoughts on “Wisata Jogja Pantai Baru”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s