Kuliner di Pare : Bakso Pak Marni

image

Makanan yang satu ini memang salah satu makanan favorit saya. Makanan yang selalu mengoda untuk dinikmati setiap saat.
Makanan yang tidak pernah membosankan bagi saya meskipun makanan ini sudah saya nikmati sejak dari kecil. Semua orang di Indonesia tentunya sudah mengenal makanan yang diberi nama bakso ini. Makanan yang terbuat dari daging sapi dengan campuran tepung tapioka dengan bumbu-bumbu digiling kemudian dibentuk bulat-bulat. Bakso disajikan dengan campuran mie dan kuah panas.

Bakso bisa kita jumpai dimana-mana, apalagi di pulau jawa merebak penjual bakso. Baik bakso dengan kualitas bagus maupun bakso dengan kualitas biasa. Kualitas bakso ini ditentukan oleh komposisi daging sapi yang digiling. Semakin tinggi daging sapi semakin baik kualitasnya. Dipadukan dengan bumbu racikan rahasia tiap penjual akan menghasilkan bakso yang sedap dan nikmat untuk dimakan.

Berkuliner bakso di kota Pare tak afdol kalau tidak merasakan atau makan di “Bakso Pak Marni”. Bakso Pak Marni ini berlokasi di Jalan Nusa Indah (Gang I) Tulungrejo Pare Kediri, tepatnya dari pintu masuk  Rumah Sakit HVA Toeloengrejo ke barat kurang lebih 300 meter. Bakso Pak Marni  berada disebelah kanan atau utara Jalan Nusa Indah. Dengan menggunakan gerobak warna kuning yang pasti memudahkan kita untuk mencarinya. Meskipun tempatnya hanya sederhana tetapi mulai buka jam 16.00 Bakso Pak Marni sudah mulai dipadati pembeli.

Kebetulan saya pulang kerja waktu menunjukkan jam 16,20  langsung meluncur ke Bakso Pak Marni, para pembeli sudah mengantri untuk membeli bakso. Setelah antri tiga orang yang dibungkus lumayan banyak untuk dibawa pulang akhirnya bakso pesanan saya diantar juga. Meskipun Pak Marni berdagang cuma sendiri namun dengan ramahnya melayani pembeli satu per satu dengan kadang mengeluarkan candaan yang lumayan menghibur para pembeli.

Yang unik di Bakso Pak Marni ini kita bisa menentukan sendiri harga bakso yang akan kita beli. Bukan sembarang kita hargai ya…hehehehe….. tapi harganya sesuai dengan pentol bakso yang kita pesan. Satu pentol bakso dihargai 5.000 rupiah, tahu putih 1.000 rupiah. Nah tinggal dihitung sendiri harganya kalau minta pentol bakso 3 dan tahu 1 ya kita tinggal bayar 16.000 rupiah. Kalau mau murah ya pentol bakso 1 aja sama tahu 1 buah total 6.000 rupiah belum minumnya. Minumnya rata-rata 3.000 rupiah. Kalau saya pentol bakso 4 tahu 1, silahkan hitung sendiri ya….hehehe…..

Kelihatan harganya mahal, tapi kalau dibandingkan dengan rasanya harga segitu sangatlah murah. Baksonya yang super lebih dominan rasa dagingnya. Pentol bakso ada dua macam yaitu bakso kasar dan bakso halus. Bakso halus lebih terasa lembut saat digigit, sedangkan bakso kasar perpaduan daging sapi dan uratnya sehingga ada kenyal-kenyal urat didalamnya. Kalau saya merasakan komposisi daging sapi 1000 gram dicampur dengan tepung tapioka 100 gram atau mungkin malah kurang tepung tapiokanya. Sehingga rasa daging sapi lebih dominan. Bumbu baksonya juga pas perpaduan antara bawang putih, merica dan garam masih terasa.

Kuahnya juga sangat sederhana tidak terasa berlemak seperti dikasih gajih. Segar dengan perpaduan garam dan penyedapnya sangat pas. Yang paling saya suka adalah sambal yang disediakan. Selain kecap dan saos tomat disediakan sambal dari cabai yang dihaluskan dan tanpa diencerkan. Rasa pedasnya sangat terasa nendang dan kita bisa bebas sepuasnya ambil sambal sesuka hati. Meskipun harga cabai selangit kualitas sambalnya tetap dijaga pedasnya tiada duanya. Yang pasti bisa bikin gobyos keringat keluar semua.

Pemakaian mie khas Jawa Timur memakai mie soun besar. Berbeda dengan bakso Jawa Tengah yang memakai mie bihun dan mie kuning. Taburan bawang goreng dan daun bawang menambah menggugah selera untuk segera menyantapnya. Kalau beruntung belum habis kita bisa menikmati bakso dengan tambahan lontong. Akan tetapi seringnya lontong ini dah habis karena memang disediakan tidak terlalu banyak.

Bagi saya Bakso Pak Marni bakso terenak yang ada di Pare dengan indeks:
Rasa nilai 9 (skala 1-10)
Pelayanan  nilai 8,5 (skala 1-10)
Tempat nilai 7 (skala 1-10)
Kebersihan nilai 8 (skala 1-10)
Silahkan kalau teman-teman ada rekomendasi lain di Pare saya siap mencoba. Apalagi kalau dikasih gratis….langsung tancap gas….hahaha….

Selamat mencoba
Selamat menikmati

Advertisements

3 thoughts on “Kuliner di Pare : Bakso Pak Marni”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s