Hari Bumi Tidak Harus Hijau…..Selamat Hari Bumi 2016.

image

Bagi saya memperingati hari bumi tidak harus melulu berkonsep hijau. Memang benar bumi kita memerlukan penghijauan untuk menggantikan tanaman atau pohon-pohon yang semakin langka kita jumpai

. Semakin berkurangnya lahan hijau yang semakin tergerus dengan perkembangan pemukiman dan industri semakin membuat bumi kita panas. Banyak pohon-pohon besar penopang oksigen di bumi yang ditebang yang dibuat untuk rangka atap, jendela, kusen bahkan untuk mebel. Semakin merajalelanya pembukaan lahan-lahan baru untuk pemukiman dan industri menyumbang kerusakan hutan yang semakin mengkhawatirkan.

Sebagai rakyat biasa saya tidak bisa mencegah itu semua dan hanya bisa berharap semoga para pemangku kebijakan dan penegak hukum dapat membuat kebijakan yang lebih bersahabat dengan bumi kita. Penegakan hukum terhadap orang-orang yang dengan mudah membabat atau membakar hutan sebagai jantungnya bumi. Bumi semakin panas karena harus menghirup gas-gas buang yang dihasilkan oleh industri yang semakin merebak. Disisi lain bumi kita telah mengidap sakit jantung yang semakin kronis. Tumbuhan sebagai jantung penghasil oksigen semakin habis dan diganti dengan kanker-kanker perumahan dan industri yang semakin menyerang jantung bumi. Bumi sudah mulai tak berdaya, lemah, panas sudah menyerang ditambah dengan iklim yang mulai tidak bersahabat.

Keadaan bumi tersebut sedikit banyak sudah menggugah beberapa orang yang tergabung dalam komunitas yang terus mengkampanyekan gerakan selamatkan bumi. Gerakan tanam sejuta pohon, penanaman bakau, gerakan mengurangi konsumsi bahan bakar fosil, segarasegawe, gerakan vegetarian dan lain sebagainya. Semua gerakan yang bertujuan agar bumi ini lestari lagi bumi semakin hijau lagi sehingga bisa mengurangi emisi buang yang dihasilkan.

Semua upaya telah dilakukan, namun kunci dari gerakan selamatkan bumi adalah kepedulian yang berkelanjutan. Bukan kepedulian yang sesaat, sesaat pada waktu kampanye, sesaat pada waktu diliput, sesaat pada waktu ingin meraih penghargaan, sesaat ingin meraih suatu tujuan. Kepedulian sesaat ini hari kita buang jauh-jauh. Bumi perlu kepedulian yang berkelanjutan, kepedulian yang selalu terus melekat pada jiwa sampai akhir hayat. Kepedulian yang akan mewariskan bumi hijau untuk anak cucu kita kelak.

Kepedulian yang berkelanjutan bisa kita tanamkan pada diri kita. Dimulai pada hal-hal yang kecil untuk menghijaukan bumi kita. Buatlah rumah kita senyaman saat kita bisa menghirup udara segar, taman-taman kecil berisi tanaman penghasil oksigen. Pilah-pilah sampah yang bisa didaur ulang dan bisa dijadikan kompos, ajari anak buang sampah pada tempatnya, dan banyak kepedulian yang bisa kita kerjakan dari diri kita.

Konsep saya sendiri saat ini bukanlah hijau yang langsung di dapat. Ditempat saya bekerja memang tidak langsung merasakan hijaunya bumi di tempat kerja. Namun disisi lain produk tempat saya bekerja membantu banyak orang untuk menghijaukan bumi. Dari benih-benih kecil yang tempat saya bekerja, saya berharap bisa menyumbangkan sedikit warna hijau di bumi ini. Benih-benih yang tidak berwarna hijau yang dihasilkan, menjadi harapan kami saat disemai dan ditanam bisa menhijaukan bumi dan mengobati sakitnya. Ratusan, ribuan bahkan jutaan benih yang kami hasilkan akan silih berganti berlomba-lomba untuk menghijaukan bumi ini. Rasa terima kasihlah yang perlu kita sampaikan kepada petani-petani kebanggaan negara yang dengan rela hati menghijaukan ibu pertiwi.

Kepedulian berkelanjutan kecil kita untuk bumi tercinta akan bermanfaat untuk diri kita sendiri dan bahkan orang banyak. Bukan sekedar menshare artikel, pasang gambar “Earth Day” di profil atau DP di media-media sosial. Tapi action…action…..dan action, langkah kecil kita untuk bumi tercinta.

Selamat memulai langkah kecil
Untuk bumi tercinta

PT. BISI International, Tbk
Tulungrejo – Pare – Kediri

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s