Saat Harus Berhubungan Jauh

image

Hidup ini memang sudah ada yang mengatur…..kalimat itulah yang setiap kali aku gunakan untuk menghibur diriku disaat harus menjalani kehidupan y,ang jauh dari keluarga kecilku.

Ya karena keadaan yang membuat kami harus berpisah, aku harus bekerja di Kediri sedangkan istri dan anak-anakku tinggal di Bantul Yogyakarta. Keadaan itu tidak membuatku patah semangat untuk mencari rejeki untuk keluargaku. Sejak kelahiran anak pertamaku pada tahun 2009 aku menjalani hubungan jarak jauh ini. Setiap akhir pekan aku menyempatkan diri untuk pulang mengunjungi keluarga kecilku.

Pasti saudara-saudari  sudah membayangkan suatu hal yang sangat berat aku jalani harus  mondar-mandir setiap minggu dengan menempuh perjalanan yang sangat melelahkan. Setiap hari sabtu jam 13.00 aku langsung cabut dari tempatku bekerja menuju ke stasiun atau tempat pemberhentian bis di Kertosono dengan waktu tempuh 30 menit. Perjalananku dengan kereta api menuju yogyakarta bisa menghabiskan waktu 4 jam perjalanan, sedangkan untuk bis bisa menghabiskan 7 jam perjalanan. Tidak sampai disitu aja perjalananku, setelah sampai di terminal masih harus menempuh perjalanan selama 30 menit dengan mengendarai sepeda motor yang aku titipkan di terminal. Lain halnya bila aku naik kereta api memerlukan waktu yang relatif lama daripada dari terminal. Aku harus menempuh jarak dari stasiun ke terminal dengan transjogja baru ke rumah.

Rasa lelahku terbayar sudah saat bertemu dengan istri dan anak-anakku. Panggilan manja anakku seakan menjadi obat yang sangat mujarab untuk mengobati rasa lelahkku. Keesokan harinya rutinitasku berlanjut dengan mengajak jalan-jalan dipagi hari. Kesenangan anak-anakku yang begitu sederhana dalam bermain, cukup menuju ke taman kanak-kanak yang ada di selatan rumah dan bermain ayunan, seluncur maupun panjat dinding sudah membuat anak-anak bahagia.

Anakku yang paling kecil saat siang sudah menjelang pasti akan merengek untuk minta renang. Dengan manja Hisyam pasti minta untuk diantar ke kolam renang. Sambil menarik-narik baju renangnya terus mengajakku untuk berenang. Berhubung aku juga senang renang kamipun pasti menyempatkan untuk renang bersama- sama ya hitung-hitung untuk olah raga. Meskipun ada olah raganya tubuhku tetap aja tidak bisa kurus karena istriku paling hobi kuliner……hehehe….. ya bagaimana lagi semua harus bahagia meskipun dietnya gagal yang penting keluarga bahagia semua.

Biasanya sehari tanpa istirahat dan jam 22.00 aku sudah harus siap-siap untuk perjalanan kembali beraktifitas mencari rejeki. Hampir 6 tahun aku lakukan rutinitas tersebut dengan berbagai variasi hiburan, rekreasi dan wisata kuliner…. Alhamdulillah sampai sekarang huhungan kami baik baik aja……Saya serahkan pendidikan anak-anak pada ahlinya (mama), sedangkan aku bekerja mencari rejeki. Semoga bisa langgeng dan berharap bisa segera berkumpul bersama keluarga kecilku.

Buat saudara-saudari yang mengalami kisah sama sepertiku jangan bersedih nikmati aja pasti suatu saat jalan untuk berkumpul dengan keluarga terbuka. Berikut tips agar kita bisa menjalani hubungan jarak jauh :
1. Saling mempercayai satu sama lain dan saling menghargai ikatan suci perkawinan yang sudah kita ikrarkan
2. Menjaga hubungan komunikasi setiap saat (sms, telepon, bbm, dll) walaupun sekedar menanyakan sudah makan atau belum
3. Merencanakan rekreasi yang bisa mempererat hubungan kita
4. Saling terbuka satu sama yang lain
5. Tetap berdoa selalu agar bisa segera berkumpul
6. Buat kegiatan positif yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang agar tidak bosan
Baiklah saudara-saudari seemoga bermanfaat dan segera berkumpul dengan keluarga bahagià selamanya.

Leave a Reply

